Home » , » Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia

Posted by Sejarah kenangan Masa Lalu di Dunia on Rabu, 28 Juli 2010

 Peta Indonesia

Islam adalah agama yang dominan di Indonesia dan sekitar 86%, atau sekitar 200 juta penduduknya mengidentifikasi sebagai Muslim, sehingga terbesar di dunia Muslim penduduk.

 Masjid Medan

Indonesia Pusat Biro Statistik (BPS) melakukan sensus setiap 10 tahun. Data terbaru yang tersedia, dari tahun 2000, menunjukkan bahwa dari 240.271.522 orang, 86,1% dari populasi label sendiri Muslim, 5,7% Protestan, 3% Katolik, Hindu 1,8%, dan 3,4% "" lain atau yang tidak ditentukan.
Masjid Istiqlal Jakarta

umum, masyarakat Muslim dapat dikategorikan dalam dua orientasi: "modernis," yang erat mengikuti teologi ortodoks sambil merangkul belajar yang modern, dan "tradisionalis," yang cenderung mengikuti interpretasi dari para pemimpin agama setempat (terutama di Jawa) dan guru agama di pesantren.

Orang Indonesia pertama yang mengadopsi Islam diperkirakan telah melakukannya sejak abad kesebelas, meskipun muslim telah mengunjungi Indonesia awal era muslim. Penyebaran Islam didorong oleh meningkatnya jaringan perdagangan di luar Nusantara; pada umumnya, pedagang dan royalti dari kerajaan besar adalah yang pertama mengadopsi agama baru. Mataram termasuk kerajaan yang dominan di Jawa Tengah, dan kesultanan Ternate dan Tidore di Kepulauan Maluku di sebelah timur. Pada akhir abad ketiga belas, Islam telah didirikan di Sumatra Utara; oleh keempat belas di timur laut Malaya, Brunei, Filipina selatan dan di antara beberapa istana Jawa Timur, dan yang kelima belas di Melaka dan daerah lain di Semenanjung Malaya. Melalui asimilasi Islam telah menggantikan Hindu dan Buddha sebagai agama yang dominan di Jawa dan Sumatra pada akhir abad ke-16. Pada saat ini, hanya Bali mempertahankan mayoritas Hindu dan pulau terluar animis tetapi sebagian besar tetap akan mengadopsi Islam dan Kristen di abad ketujuh belas dan kedelapan belas.
Masjid Kudus

Meskipun merupakan salah satu perkembangan paling signifikan dalam sejarah Indonesia, bukti-bukti sejarah yang terpisah-pisah dan umumnya tidak informatif sehingga pemahaman tentang kedatangan Islam ke Indonesia yang terbatas; ada perdebatan antara ulama tentang apa yang bisa ditarik kesimpulan tentang konversi masyarakat Indonesia .

Pada tahun 30 Hijri atau 651 Masehi, hanya berselang sekitar 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW, Khalifah Utsman ibn Affan RA mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang belum lama berdiri. Dalam perjalanan yang memakan waktu empat tahun ini, para utusan Utsman ternyata sempat singgah di Kepulauan Nusantara. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 674 M, Dinasti Umayyah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatera. Inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam. Sejak itu para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan, abad demi abad. Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah.

Sampai dengan abad ke-8 H / 14 M, belum ada pengislaman penduduk pribumi Nusantara secara besar-besaran. Baru pada abad ke-9 H / 14 M, penduduk pribumi memeluk Islam secara massal. Para pakar sejarah berpendapat bahwa masuk Islamnya penduduk Nusantara secara besar-besaran pada abad tersebut disebabkan saat itu kaum Muslimin sudah memiliki kekuatan politik yang berarti. Yaitu ditandai dengan berdirinya beberapa kerajaan bercorak Islam seperti Kerajaan Aceh Darussalam, Malaka, Demak, Cirebon, serta Ternate. Para penguasa kerajaan-kerajaan ini berdarah campuran, keturunan raja-raja pribumi pra Islam dan para pendatang Arab. Pesatnya Islamisasi pada abad ke-14 dan 15 M antara lain juga disebabkan oleh surutnya kekuatan dan pengaruh kerajaan-kerajaan Hindu / Budha di Nusantara seperti Majapahit, Sriwijaya dan Sunda. Thomas Arnold dalam The Preaching of Islam mengatakan bahwa kedatangan Islam bukanlah sebagai penakluk seperti halnya bangsa Portugis dan Spanyol. Islam datang ke Asia Tenggara dengan jalan damai, tidak dengan pedang, tidak dengan merebut kekuasaan politik. Islam masuk ke Nusantara dengan cara yang benar-benar menunjukkannya sebagai rahmatan lil'alamin.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent

Ping your blog, website, or RSS feed for Free ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Free Automatic Backlink backlink seo ping Free Automatic Backlinks My Ping in TotalPing.com Submit ExpressSubmit Express - SEO Services
sjrhdenok.blogspot.com Webutation